Persyaratan dalam Hukum Qurban

Berkurban merupakan suatu hal yang tidak bisa dihiraukan begitu saja, karena pada setiap tahunnya umat muslim akan selalu melaksanakan kurban. Kurban sendiri akan dilaksanakan ketika selesai solat Idul Adha. Setiap tahunnya semua muslim yang mampu akan melaksanakan kurban, tetapi sebenarnya apakah hukum qurban itu wajib atau sunnah? Karena banyak juga umat muslim yang sudah mampu namun belum untuk berkurban. Hewan kurban yang biasa digunakan adalah sapi, kambing, kerbau, dan unta. Di Indonesia sendiri masyarakat cenderung lebih memilih sapi dan kambing sebagai hewan kurban. Berkurban tentu merupakan hal yang sangat mulia, karena kita dapat menyisihkan sebagian harta kita. Kita semua sudah mengetahui bahwa harta yang kita miliki adalah pemberian dari Allah, sehingga tidak ada salahnya jika kita menyisihkan untuk kepentingan agama.

Dalam hukum qurban yang masih diperdebatkan sunnah atau wajib, sebaiknya kita sebagai umat muslim melaksanakan apa yang sudah menjadi aturannya saja. Jika kita mempunyai cukup harta untuk disisihkan dengan berkurban maka akan lebih baik. Berkurban sebenarnya adalah tabungan untuk hari akhir kita nanti. Sehingga dengan setiap tahun kita berkurban maka semakin banyak juga amalan yang kita tabung untuk hari akhir nanti. Berkurban juga mempunyai banyak manfaat, selain menjadi tabungan amal di hari akhir nanti berkurban juga merupakan tali silaturahmi yang baik dengan sesama umat muslim. Seperti yang sudah kita tahu bahwa berkurban selalu dilaksanakan dengan banyak orang di lingkungannya. Sehingga hal ini dapat mempererat tali silaturahmi, karena dengan mulai dari membeli, kemudian menyembelih sampai dengan membagikan daging hewan kurban akan selalu bersama dengan warga sekitar.

Sebelum Anda melaksanakan berkurban, Anda harus mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi hewan kurban untuk disembelih nantinya. Persyaratan ini tentunya ada dalam hukum qurban. Persyaratan tersebut seperti hewan kurban yang akan disembelih tidak boleh sakit, cacat, pincang, dan kurus kering. Untuk mendapatkan hewan yang memenuhi persyaratan Anda harus memilihnya dengan sangat tepat, karena jika hewan yang disembelih tidak memenuhi persyaratan penyembelihan hewan tersebut akan menjadi tidak sah di mata Allah.

Bagi setiap muslim yang mempunyai rezeki lebih sangat disarankan untuk melaksanakan kurban, tetapi tentu saja dengan niat yang baik dan hilangkan rasa sombong dalam diri. Sedangkan untuk umat muslim yang kurang mampu, tidak cukup, atau pas-pasan untuk berkurban tidak diwajibkan untuk berkurban. Tetapi Allah telah mencatat niat baik semua umat muslim yang memiliki niat ikhlas untuk berkurban. Begitulah beberapa hukum qurban yang harus dilaksanakan bagi seseorang yang ingin melaksanakan kurban. Dengan begitu amalan kita untuk hari akhir sedikit demi sedikit akan terkumpul. Berkurban tidak akan membuat Anda rugi dengan mengeluarkan sebagian harta Anda, tetapi Allah malah akan memperlancar rezeki orang yang ikhlas dalam berkurban. Rezeki yang telah Anda ikhlaskan untuk berkurban insya Allah akan berkah.

Written by adminladsoflagos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *